Blue Light Hazard

“Eyes are not designed to look directly at light —they are designed to see withlight” Dr Celia Sánchez-Ramos Complutense University, Madrid

Salam Keselamatan!

Bulan Puasa jadi bulan yang produktif buat nge-blog hihi. Nah Post kali ini mau share tentang Blue Light Hazard. Mumpung masih seger diingatan karena baru aja ikut Seminar Internasional Higiene Industri yang di-share langsung sama Profesor dari Unversitas Adelaide sana.

Apa sih Blue Light Hazard? Kalo kata AIHA, 2012 (American Industrial Hygiene Association) Blue Light hazard memiliki karakteristik :

The term “blue light hazard” refers to photochemical damage to the retina caused by light. Light in the wavelength range of 400-500 nm (violet, blue, and blue-green) is most detrimental, but all visible light as well as UV-A radiation can contribute to photochemical injury. The risk is related to the radiance (brightness) of the light source as well as the size of the image of the source that is projected onto the retina.

  • Bahaya dari cahaya yang dapat menyebabkan kerusakan photochemical pada retina mata
  • Cahaya dengan kisaran panjang gelombang antara 400-500 nm. Contoh gambarnya kayak begini :Blue+Light+HEV(http://static1.squarespace.com/static/540b6590e4b029a48855471d/t/5428c55ee4b02ef84b7d9c2e/1411958124481/Blue+Light+HEV.png) 
  • Risiko yang didapatkan secara personal tergantung dengan radiasi (brightness) dari sumber cahaya yang diproyeksikan ke retina.

Blue Light (HEV) kalo kita liat gambar di atas termasuk dalam kategori harmful light yang bisa menyebabkan Makular Damage. Apa itu Makular Damage? AMD (Age-Macular Degeneration) adalah nama dari beberapa kondisi ketidaknormalan dari macula (Retina-International.org). Macular Degeneration ini disebabkan oleh Penurunan fungsi makula yang berada di tengah retina yang berisikan reseptor cahaya, khususnya reseptor cahaya kerucut yang berfungsi untuk mendeteksi warna. Makula ini membantu seseorang untuk menulis, membaca, dan tugas-tugas rinci lannya (dikutip dari detik.com). Penurunan fungsi makula ini pula dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

http://www.retina-international.org/eye-conditions/retinal-degenerative-conditions/amd/#1

Gimana sih dampak penglihatannya? Contohnya kayak gini nih.

AMD

AMD umumnya terjadi pada kelompok usia lanjut > 50 tahun karena dampak yang dirasakan baru muncul saat berusia lanjut. Terdapat banyak Faktor Risiko penyebab AMD antara lain yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas antara lain merokok, konsumsi banyak lemak, CAHAYA MATAHARI, sering makan makanan kemasan, Obesitas dan Hipertensi (visionaware.org). Nah loh apa hubungannya sama blue light?

Dari Seminar Internasional IIHA lalu, dijelaskan oleh Prof Dino Bahwa Sesungguhnya, Blue Light itu secara alamiah natural ada di matahari. Nah dulu sering banget kita mungkin waktu kecil disuruh Mama atau Bunda untuk ga boleh melihat langsung dengan mata telanjang ke arah matahari tanpa bantuan lensa atau alat apapun. Namun ancaman terkait blue light ini menjadi lebih besar karena sumber blue light saat ini bukan hanya dari cahaya matahari saja, namun juga dhasilkan dari White Light Emitting Diodes (LEDs).

Berdasarkan Jurnal Penelitian yang dikeluarkan oleh Jurnal EHP (Environmental Health Perspective) tahun 2014, Peneliti Chang Ho Yang yang merupakan profesor dan ahli mata dari National Taiwan University mengemukakan bahwa penelitian yang dilakukan pada mencit yang terpajan cahaya White-LED secara langsung menyebabkan kerusakan pada retina. Namun pada penelitian ini tidak menjelaskan paparan sumber buatan (artifisial) tidak langsung seperti yang dialami sebagian besar orang.

Nah kalo kata Profesor di Singapura Seang Mei Saw dari National University of Singapore menjelaskan bahwa Blue light yang dihasilkan outdoor (sinar matahari) could be possible melindungi anak-anak dari efek rabun jauh (Miopi), sedangkan yang indoor atau buatan (artificial) justru memiliki efek berbahaya dan merusak mata.

Sekali lagi, penelitian ini masih sangat minim, dan itupula diakui sama Prof. Dino-nya langsung pada saat presentasi di Seminar Internasional.

2 thoughts on “Blue Light Hazard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s