Life Path : Beasiswa LPDP The Series – Seleksi Administrasi

Indonesian Endowment Fund for Education Scholarship atau yang lebih dikenal sebagai beasiswa LPDP adalah salah satu beasiswa yang paling diburu pemuda pemudi Indonesia, betapa tidak? track record LPDP yang baik dari segi proses seleksi awardee, pencairan dana, informasi mengenai beasiswa, dan masih banyak lagi yang semuanya dikelola secara profesional. Nah, mungkin sebagian besar teman-teman disini sudah mengetahui latar belakang beasiswa, syarat-syarat apply beasiswa LPDP ini, atau yang belum mengetahui bisa akses ke web LPDP langsung. Jangan lupa download manual booknya ya, karena manual book-nya pun di-update secara berkala.

Oke, setelah mengetahui persyaratan yang diberikan, akhirnya saya sangat tertarik untuk apply beasiswa ini. Nah di blog ini saya akan share mengenai tahap-tahap seleksi administrasi, ngumpulin persyaratan surat sehat, surat bebas TBC, SKCK dan lain-lain. Semua ini saya lakukan di daerah domisili saya yaitu Makassar, walaupun saya bukan asli makassar.

Setelah buat akun untuk apply beasiswa LPDP di Login LPDP  dan mengisi data diri seperti Beasiswa jenis apa yang akan diikuti (Luar Negeri atau Dalam Negeri), intake perkuliahan, Universitas tujuan, Letter of Acceptance (sudah ada atau belum), Bidang Keilmuan, Program Studi, dan Pemilihan Lokasi Tes Substansi. Nah disini saya memilih Magister Luar Negeri, The University of Queensland Australia, belum memiliki LoA, Magister Occupational Health and Safety.

Selain itu temen-temen juga wajib mengisi Riwayat Pendidikan, Riwayat Pekerjaan, Pengalaman Organisasi, Prestasi, Kemampuan Bahasa, Pengalaman Pelatihan/Workshop, Pengalaman Riset, Karya Ilmiah, Konferensi dan Seminar, Penghargaan dan Essay (500 – 700 kata) mengenai Kontribusiku untuk Indonesia, Sukses Terbesar dalam Hidupku, dan Rencana Studi (karena saya tujuan luar negeri, saya menulis essay dalam bahasa inggris, sebenernya sih dalam manual book tidak ada ketentuan harus bahasa inggris atau tidak, tetapi denger2 nih untuk mengantisipasi pertanyaan interviewer mendingan untuk tujuan luar negeri essay-nya dalam bahasa inggris aja). Nah kalo mau tau cara mengisinya bisa download manual booknya yang tersedia di web LPDP.

Setelah mengisi data diri dan lain-lain yang saya sebutkan di atas, saatnya untuk mempersiapkan dokumen yang harus diupload :

  1. Ijazah : kalo ini pasti semua orang punya yaa, karena syarat untuk beasiswa Magister baik LN maupun DN adalah ijazah S1 kita, pastikan ijazah asli yang kita scan yaa.
  2. Transkrip Nilai Sarjana (S1)
  3. Rencana Studi: selain kita tulis di essay, kita juga upload rencana studi kita.
  4. Sertifikat Bahasa Asing yang diakui LPDP dan masih berlaku, bagi yang sudah tidak berlaku/kadaluarsa tidak diperbolehkan mengunggah/upload : Bagaimana saya dapetin sertifikat IELTS di Makassar? Bisa baca postingan saya di sini Pengalaman Tes IELTS di Makassar Part 1- Persiapan Pengalaman Tes IELTS di Makassar (Part 2)
  5. Surat Pernyataan Tidak sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa Magister dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri; Berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan tindak pidana; Sanggup mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara setelah menyelesaikan studi; Sanggup menyelesaikan studi Magister sesuai dengan waktu yang tentukan (Bermaterai) : nah ini mudah, ada contohnya di manual book jadi ga perlu bingung-bingung.
  6. Surat Ijin Belajar sesuai format LPDP (bagi yang sudah bekerja) : Karena saya kebetulan adalah Aparatur Sipil Negara, jadi minta surat izin kudu dengan kaidah-kaidah persuratan ASN. Nanti saya share ya bagaimana pengalaman saya minta surat izin atasan ini.
  7. Surat Rekomendasi sesuai format LPDP : Nah ini maksudnya adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh Pembimbing akademis kita, atasan kita, atau tokoh masyarakat yang emang mengerti dan kenal kita. ini juga mau saya share di Postingan selanjutnya!
  8. LOA Conditional / Unconditional yang masih berlaku, bagi yang memiliki LoA diluar Perguruan Tinggi daftar LPDP tidak diperbolehkan mengunggah/upload : ini wajib ga wajib. Jadi pada waktu saya daftar saya belum memiliki LoA dan alhamdulilah lolos seleksi administrasi. Perkara LoA ini sungguh vital, nanti ada postingan tersendiri terkait dengan menggapai LoA. Terkait memilih universitas bisa liat di postingan ini Life Path : Seleksi Beasiswa LPDP -Memilih Universitas
  9. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  10. Surat Keterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba dan ditambahkan Surat Keterangan Sehat Bebas dari Tuberculosis (TBC) bagi yang ingin studi ke luar negeri. Semua Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah : Ini juga salah satu yang mesti di-upload, saya akan cerita pengalaman saya dapetin semua surat-surat ini di chapter selanjutnya yaa.
  11. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) : Nah ini yang paling super duper menguras waktu buat saya, karena KTP saya bukan KTP Makassar. Terkhusus ulasan tersendiri untuk pembuatan SKCK ini.Surat Keterangan Catatan Kepolisian : Polsek Biringkanaya Makassar & Polres Tangerang

Nah semua dokumen-dokumen ini saya siapkan sekitar H-3 minggu penutupan. Jangan ditiru yaa. Teman-teman harus lebih mateng persiapannya supaya ga dag-dig-dug macem saya. Semoga sukses persiapan dokumennya (:

Leave a Reply

