Life Path – Seleksi Beasiswa LPDP : Mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dan Defer Perkuliahan

Hallo!

Masih dalam rangkaian chapter seleksi beasiswa LPDP. Setelah saya cerita mengenai bagaimana saya memilih universitas yang saya ceritain di blog ini Life Path : Seleksi Beasiswa LPDP -Memilih Universitas, kali ini saya ingin menceritakan proses saya mendapatkan Letter of Acceptance (LoA).

Setelah menentukan pilihan untuk melanjutkan studi Master ke University of Queensland, Australia, akhirnya saya dalam proses bagaimana sih supaya saya bisa mendapatkan LoA? Dalam persyaratan seleksi beasiswa LPDP batch 4 2016, LoA merupakan additional requirement untuk proses seleksi, NOT MANDATORY. Jadi saya suda bisa apply walaupun saat itu saya belum memiliki LoA (karena waktu itu saya pun masih menunggu hasil IELTS saya. Cerita tentang proses dapetin IELTS bisa diakses di link ini Pengalaman Tes IELTS di Makassar Part 1- Persiapan dan Pengalaman Tes IELTS di Makassar (Part 2)). Karena saya baca di buku panduan bahwa perkuliahan paling cepat dimulai setelah 6 bulan penutupan seleksi administrasi, saya sih tetep percaya diri bahwa jika saya diterima, saya tetep bisa kuliah di tahun 2017 sesuai dengan rencana saya, dengan estimasi LoA bisa turun satu bulan ke depan.

Saya mendapatkan LoA dengan bantuan agen di tempat saya tes IELTS (IDP Makassar). Syarat-syarat yang diperlukan antara lain :

  • CV
  • Copy Passport
  • Copy Ijazah dan Transkrip nilai – termasuk versi English translation apabila sudah ada 
  • Reference letter  – sangat disarankan
  • Personal Statement
  • IELTS certificate atau Official English test Certificate lain – jika sudah ada

Kebetulan saya hanya submit dokumen-dokumen di atas langsung ke agennya, nanti agen yang akan submit ke kampusnya. Tidak ada biaya sama sekali yang dikeluarkan untuk proses pengajuan LoA melalui agen ini. Biaya pendaftaran pun dapat di-waive terlebih dahulu. Namun, tidak ada salahnya untuk mendaftar mandiri dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dan mungkin ada application fee atau uang pendaftaran yang dibayarkan langsung ke kampus tujuan. Denger-denger sih mendaftar mandiri bisa menjadi salah satu keunggulan dibandingkan dengan mendaftar dengan agen pada saat seleksi beasiswa LPDP.

Saya mendaftar untuk dua universitas di agen tersebut. yang pertama jelas University of Queensland (UQ) Australia dan yang kedua adalah Monash University. Saya memilih UQ juga karena UQ membuka dua periode kelas yaitu Februari dan Juli. Karena saya tidak bisa intake untuk Februari 2017 (syarat di buku panduan LPDP harus 6 bulan setelah penutupan pendaftaran administrasi), jadi saya apply dan berharap dapat kuliah di UQ untuk intake Juli 2017. Monash Uni saya apply untuk back up, jikalau aplikasi saya di UQ “bermasalah”. Saya pun tidak memprioritaskan Monash Uni karena kelas untuk Master Occupational Health yang saya apply hanya buka di bulan Februari 2018, artinya saya harus menunggu 1 tahun lebih untuk sekolah.

Pada saat mendaftar untuk proses mendapatkan LoA, hasil IELTS saya belum keluar. Kata mba-mba agennya sih ga masalah daftar aja dulu jadi nanti pada saat hasil IELTSnya keluar bisa langsung submit untuk persyaratan IELTSnya. Saya submit untuk proses pendaftaran LoA UQ dan Monash di akhir bulan September 2016, dan hasil IELTS saya keluar di sekitar tanggal 10 Oktober 2016.

Hingga menjelang saya tes Seleksi substansi dan wawancara LPDP di sekitar bulan november 2016, saya belum juga mendapatkan balasan dari kedua universitas yang saya apply. Sekitar akhir bulan November Monash uni mengeluarkan Unconditional LoA untuk intake Februari 2018 di hari saya seleksi wawancara. Tapi karena tujuan utama saya adalah UQ, saya masih menunggu Unconditional letter dari universitas tersebut. Karena saya orangnya agak ga sabaran, apalagi setelah baca-baca blog kalo proses untuk UQ itu paling lama sebulan, tapi udah hampir dua bulan masih belum ada kabar, beberapa kali saya email admissionnya untuk menanyakan kabar LoA saya. Mungkin karena status saya waktu itu masih “apply beasiswa” jadi masih belum diprioritaskan (mengingat saat itu di akhir tahun dan sedang fokus pada ujian *katanya sih).

Sampai pada pengumuman Seleksi LPDP batch 4 2016 tanggal 09 Desember 2016 yang menyatakan bahwa saya adalah salah satu awardee yang lolos seleksi substansi,  LoA dari UQ belum turun juga. Dan yang paling bikin lemes adalah di akun pengumuman LPDP menyatakan bahwa BAGI AWARDEE YANG BELUM MEMILIKI LOA PERTANGGAL 09 DESEMBER 2016, MAKA WAJIB MEMULAI PERKULIAHAN PALING CEPAT TAHUN 2018 T.T. Apa daya, saya terkena imbas kebijakan baru LPDP yang serba mendadak dan di luar dugaan ini. Saya segera email admissionnya kembali dan menjelaskan kalau saya adalah salah satu penerima beasiswa LPDP batch 4 2016 dan membutuhkan Unconditional Letter of Acceptance sesegera mungkin, barulah Unconditional LoA saya turun di tanggal 13 Desember 2016 untuk intake 2017. Terlambat sudah.

Beberapa kali saya email CSO LPDP dan menelepon CSO LPDP agar saya dapat intake di 2017, tetapi jawaban tetap sama dan kebijakan LPDP untuk wajib defer perkuliahan sudah dibuat. Akhirnya saya pasrah dan berbesar hati untuk defer perkuliahan saya ke Februari 2018 di UQ. Proses defer sangat mudah, saya cukup email ke admissionnya dan menjelaskan alasan mengapa saya harus defer. Selain itu, saya juga lapor ke agen tempat saya submit persyaratan untuk LoA. Alhamdulilah di bulan Februari setelah saya mengajukan defer, LoA defer terbaru akhirnya muncul di email inbox saya sebagai syarat untuk dapat mengikuti PK atau Persiapan Keberangkatan LPDP.

Based on my experience, semoga teman-teman bisa antisipasi masalah LoA ini, terutama jika ingin mendaftar LPDP dengan kebijakan dari pihak LPDP yang sangat sangat dinamis. Namanya juga bisa kuliah gratis dan dibayarin negara, jadi kita juga harus siap dengan segala perubahan-perubahan yang ada terkait dengan kebijakan.

Good Luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s